Apa yang Ditanyakan Bank Saat Wawancara KPR?

Kali ini saya akan membahas pertanyaan wawancara di bank sebelum akad kredit KPR. Saat kita membeli rumah dengan sistem KPR maka ada beberapa tahap yang harus di lewati. Pertama, membayar sejumlah uang muka kepada pihak bank melalui developer. Kedua, melengkapi persyaratan dan dokumen pengajuan KPR. Ketiga, wawancara dengan pihak bank. Keempat, akad kredit sebagai bukti bahwa permohonan kita disetujui oleh bank dan kita membayar cicilan bulanan.

Wawancara biasanya menjadi saat yang mendebarkan karena di situlah bank akan memberikan penilaian atau lebih tepatnya cross check data yang kita setorkan dengan realita. Sebaiknya,kita harus jujur saat menjawab pertanyaan dari pihak bank. Jangan ada informasi yang sengaja ditutupi atau disembunyikan. Daripada kita memaksakan diri namun susah di belakang- misalnya tidak mampu membayar angsuran – kita sendiri yang rugi.

pertanyaan wawancara kpr

Inilah beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan saat wawancara KPR:
  • Apa pekerjaan kita. Pihak bank sebenarnya sudah tahu apa pekerjaan kita dari dokumen yang kita setor. Misalnya dilihat dari SK pengangkatan atau di slip gaji. Namun, bank akan menegaskan apakah kita memiliki pekerjaan sampingan yang dapat dijadikan pertimbangan untuk menyetujui kredit kita.
  • Berapa penghasilan kita sebulan. Ini harus ditanyakan ulang karena mungkin saja slip gaji yang kita setorkan kepada pihak bank fiktif. Meskipun kenyataannya ada juga yang begitu, hehe. Biasanya, bank akan menyetujui besaran angsuran bulanan 30% dari total pendapatan sebulan.
  • Pengeluaran kita sebulan. Bank juga menanyakan berapa pengeluaran kita sebulan. Misalnya untuk biaya hidup, sewa rumah, kontrakan, listrik, dan sebagainya.
  • Apakah kita memiliki tunggakan atau tanggungan kredit di tempat lain. Misalnya kita masih punya cicilan kredit motor, mobil, atau kredit dengan bank lain harus kita katakan sejujurnya. Betapapun kita mencoba berbohong, toh BI cheking tak akan berbohong.
Intinya, saat melalukan proses wawancara dengan pihak bank satu kata yang harus dipegang adalah JUJUR. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga: Hati-hati akad kredit di bank